24.3.12

naam/nom/name.

Lalu saya bertanya kenapa ayah tak suka, yang dijawab dengan jeda, lalu helaan nafas, lalu meluncurlah.. Karena ini dan itu.
Karena namanya di masa lalu yang tidak harum, busuk, juga sumbang, tak ada nada yang tidak sumbang ketika menyuarakannya.
Namanya menyakitkan telinga. Menaikkan tensi ibu. Membuat hati pilu jika mendengarnya di sela-sela sembarang cerita.

Ah..Nama.
Harusnya nama itu penghargaan bukan.
Nama itu doa, maka tiap kali diucapkan orang kepada kita, mereka mendoakan.
Nama itu kata kunci memory, disebut sedikit akan mengantarkan kita pada folder-folder ingatan pangkat sekian.
Nama itu ciri khas, tidak ada yang salah ketika seseorang dipanggil pitak jika dia punya pitak sebesar telapak di kepalanya.
Nama itu silsilah, meski namanya bukan abang semua teman-teman dan teman-teman adik juga teman-teman kerabatnya memanggilnya abang karena dia anak paling tua.
Nama itu suka-suka, adik saya bernama lengkap muhammad maulana, lalu ibu dan ayah panggil dia dimas. Tapi saya panggil dia memet. Sesuka hati.

Maka jika saya punya anak nanti, pasti akan saya beri nama yang indah untuknya. Yang bisa menjadi doa ketika ia dipanggil teman dan gurunya, yang menjadi kebanggaan jika disebutkan di depan orang banyak, dan yang pasti haruslah tidak akan mengingatkan saya pada hal-hal yang buruk yang saya ingin lupa.
Ya, suka-suka jika saya beri namanya Marshanda kalau ia perempuan. Atau Ryan Gosling jika ia laki-laki.
Atau Emilia atau Febi Febiola atau Renata bisa juga. Tapi tidak akan namanya Novi, Ria, Nia, Eya atau Icha, Cha.. Siapalah.
Atau Aldi atau Hadi atau Rendy bisa juga. Tapi tidak si ex, another ex, dan nama-nama lain yang tidak baik untuk kesehatan jika harus diingat setiap saat.

Ah, nama...
Jadi sheilla, baik-baik pikirnya kalo kamu punya anak nanti mau dikasi nama apa ya. Baik-baik juga dididik kamu punya anak kalo sudah punya nama bagus jangan biarkan ia terjerumus. Baik-baik kamu bangun kualitas hidupnya biar ia teruskan nama baikmu dan nama baiknya kepada semua keturunannya. Kamu juga sheilla, jaga namamu baik-baik, namamu yang gabungan nama ayah dan ibumu itu terlalu mahal harganya kalau harus ditebus dengan kesedihan keduanya. Semoga Tuhan menunjukkan jalannya... Amien.

0 comments: