9.3.11

25 tahun ibu dan empunya tulang rusuk ibu.

Enggak kayak kebanyakan anak perempuan yang berpikir nyokapnya adalah sahabat atau blablabla lainnya, saya berpikir simple bahwa Ibu saya adalah seorang wonder woman. Setiap pagi Ibu selalu bangun tidur dini hari, solat Tahajjud, mondar-mandir membereskan rumah, solat subuh, bangunin seisi rumah, senam-senam sendiri tanpa irama, sibuk di dapur, nyiramin kembang, makan pagi, bersiap ke kantor, lalu berangkat. Setiap hari kerja selalu begitu. Di akhir minggu, alih-alih jalan-jalan dan shopping atau arisan di sana sini Ibu justru lebih memilih istirahat di rumah baca segala sesuatu yang bisa dibaca dan ngeberesin rumah. Ibu punya peran nano nano, antagonis dengan kelebihan yang dikaruniakan Tuhan yaitu berkomunikasi satu arah seperti tembakan senjata yang bikin kita yang dengerin pengen kibar-kibar bendera putih, sekaligus peran malaikat karena selalu bisa dibujuk, selalu tau apa yang paling baik buat anak-anaknya, selalu punya jurus mujarab ngobatin anaknya lebih dulu sebelum dokter bertindak hanya dengan mengusap-usap badan kita pake minyak angin atau balsem tiger meskipun tetep sambil ngomel-ngomel. Dan walaupun Ibu adalah PNS dengan gaji yang tak seberapa, Ibu merupakan sosok PNS yang seumur hidup saya kenal dan tau persis selalu berangkat pagi-pagi banget dan pulang sore banget di hari kerja, yang membuat sosok PNS yang bisa berangkat siang dan pulang cepet lalu bisa cabut-cabutan di tengah harinya bahkan bisa meliburkan diri sesuka hati hanya saya dapat dari cerita fiksi kanan dan kiri. Meski sibuk kayak apa, rumah selalu keurus dan gak berantakan. Seisi rumah berikut orang-orangnya selalu keurus dan gak pernah kurang kasih sayang apalagi perhatian. Ibu emang wonder woman. Dan emang banyak juga yang udah sering bilang kalo dulu itu Ayah yang beruntung dapetin Ibu. Tapi walaupun Ibu juga sering banget ngeluhin Ayah yang enggak romantis, Ayah yang cuek, Ayah yang kalo abis mandi gak pernah jemur anduk sendiri, Ayah yang kalo abis tidur gak pernah ngerapihin tempat tidurnya lagi dengan alasan ntar juga tempat tidurnya bakal berantakan kalo ditidurin lagi hahahaha, iya meski sering ngeluh-ngeluh di belakang tapi tetep aja setiap pagi Ibu selalu nyiapin teh tawar anget buat Ayah, nyiapin tempat makan dan kobokannya, nyiapin baju dan kebutuhan Ayah kalo Ayah mau berangkat pergi keluar rumah, dan segala rutinitas-rutinitas lain yang biasa aja tapi kalo diinget-inget males banget buat dilakuin sangking gak pentingnya. Haha. Iya, wonder woman. Makin dipikir makin makes me wonder.

Yang lucu, waktu awal-awal pulang ke rumah Lampung dan menemukan sikat gigi di kamar mandi Ibu bentuknya udah rumbai-rumbai gak jelas karena bulu-bulunya udah mencuat kesana kemari, niat saya untuk membelikan sikat gigi pengganti justru dilarang Ibu dengan alasan “biasanya yang rajin ngegantiin sikat gigi Ibu itu Ayah…”. Ibu bilang ini sambil tersenyum simpul manis penuh makna sedikit manja dan langsung bikin pengen saya tinggal pergi. Geli. Yes, somehow, semua hal memang bisa Ibu lakukan sendiri, tapi sebenarnya ada juga hal-hal kecil yang justru akan memberikan kebahagiaan tersendiri buat Ibu bila dilakukan oleh Ayah. Iya, Ayah yang kalo kata Ibu itu kayak anak gak gede-gede sangking susahnya ngerubah kebiasaan-kebiasaan jelek. Ayah yang kata Ibu sekarang udah kayak atlet pimpong manula sangking seringnya ngabisin waktu main pimpong bareng temen-temennya, hahahaha, ada nada cemburu ketika Ibu mengatakan ini. Dan Ayah, yang meski Ibu keluhkan sebagai apa yang mungkin sudah dijatahkan oleh Allah SWT untuk menjadi cobaan hidupnya, tapi tidak jarang juga disyukuri Ibu sebagai si empunya tulang rusuk Ibu.

Subhanallah, hari ini Ibu sama Ayah ulangtahun pernikahan ke-25. Perak. Mudah-mudahan terus harmonis, mudah-mudahan terus barokah, mudah-mudahan anak-anaknya bisa mencontoh baik-baiknya yang mereka bangun selama ini. Amien :)

1 comments:

Hanni Harbimaharani said...

sheiiiy,, hmpir deketan y brarti ultah perak ortu kita..
ayah ibu aku 22 februari kmrn juga perak2an.. :D

semoga nanti pernikahan kita bs selanggeng pernikahan ortu kita ya..
Amiin..