14.3.10

ayam cemani.

Ayah di Lampung meminta dibawakan ayam dari Jogja.

Ayam dengan jenis yang tidak umum dan baru saya tau ketika mereka singgah di Bandung terlebih dahulu sebelum diberangkatkan lagi ke Lampung.
Memelihara binatang memang sudah jadi hobby Ayah sejak saya masih kecil. Burung dan Ikan adalah dua jenis yang seingat saya paling jadi favorit Ayah. Tapi sejak semakin sibuk dengan pekerjaannya ditambah Ibu yang selalu cerewet karena jadi harus ikutan repot ngurusin binatang-binatang itu, hobby ini tidak lagi ditekuni Ayah.

Setelah pensiun dini dan kembali ke Lampung, Ayah jadi punya banyak waktu luang di rumah. Terakhir kali saya pulang ke Lampung, saya sangat menikmati rutinitas saya dengan adanya Ayah di Rumah. Selain kesibukannya dengan bisnis di luar kota, kebanyakan waktu Ayah jadi dihabiskan di rumah, dan sepertinya Ayah sudah kembali bisa menekuni hobby memelihara binatangnya itu untuk mengisi waktu luangnya. Makanya waktu saya dengar Ayah meminta dibawakan ayam dari Jogja ini saya hanya berfikir bahwa Ayah ingin menambah jenis peliharaannya.

But then It came to my house and I was shocked of its appearance.
Ayam cemani namanya. Ayam Item, panggilan umumnya. Kenapa ayam item, karena seluruh anggota tubuh ayam ini item. Mulai dari bulu, paruh, mata, kaki, kuku, lidah, daging, darah, dan katanya juga sampai organ-organ bagian dalam juga, and even kotorannya juga warnanya item walaupun makannya sama dengan makanan ayam jenis lainnya.
Dan konon katanya ayam ini seringkali dikaitkan dengan unsur mistis. Bisa nolak bala yang dikirim orang, katanya.. Entahlah.


Ayam cemani Ayah, di rumah bandung. Mereka makanin tanaman-tanaman saya! Grr..

Setelah dikirimkan ke Lampung, Ibu cerita kalo ayam-ayam itu sekarang dikandangin di bekas-rumah-anggrek Ibu. Bekas-rumah-anggrek itu letaknya di sebelah kamar Ayah dan Ibu, dan kata Ibu juga Ayah jadi sering asik sendiri di situ. Hihihi.. Oh, how I miss them..

3 comments:

Dika said...

wahh.. katanya si ayam item ini dagingnya paling enak lho sheiy.. haha tp buat dipelihara kan yah..

s h e i y said...

wah serem juga mau makannya dik.. item-item gitu. hehehe

pakar bisnis online said...

Salam Kenal Deh Mau Juga tuh Dibawaain Ayam Cemaninya, seneng banget kalau bisa baeaain ke lampung juga Mau gak ya bantuin cari ayam cmaninya
Biasa Penggemar Ayam hehehe