14.12.09

Ibu, setengah abad.

"Ibu tuh gak suka liat Luna Maya.. Aneh"
"why, mom?"
"Ya aneh aja, selera berpakaiannya.. Udah gitu ya kakinya itu kan jelek banget ya, kayak letter-O gitu, tapi pake bajunya gak nyesuain gitu"
"Yah bu.. Kaki aku jg jelek gini, gak lurus-lurus banget"
"Ya tapi kamu kan kecil, jd gak gitu keliatan.."
"Tapi LunMay kan cantik banget bu, sementara aku.. (sigh)"
"Ih mendingan kamu kemana-mana dong. Mau kamu jadi Luna Maya, cantik-cantik terus dapetnya duda kayak ariel?"
"ariel is hot, you know mom.."
"yahh..duda loh nak, trus kan dia ninggalin istrinya.. Inget ya dis, kamu gak usah cari calon suami yg ganteng.. Gak perlu itu. Yang penting dia sayang sama kamu dan dia punya kemauan untuk maju. Kalo fisik, gak terlalu penting. Yah yang penting gak malu-maluin kalo diajak ke pasar"


Yesterday, again, in a short-conversation by phone we had, she told me one thing she's been telling me about a man these whole years since i was a girl.. Calon suami itu gak perlu ganteng. Yang penting sayang dan punya kemauan untuk maju. Kalo fisik, ya asal gak bikin malu buat diajak ke pasar.. It means, standar aja, asal gak di bawah standar.

Itu salah satu dari sekian banyak ceracau Ibu untuk saya.
Ibu. Saya panggil dia Ibu.
Namanya di Handphone saya, IBUKUSAYANG.
She is number #2 in my speed dial, since the number #1 is the voice mailbox.
My number one lady. The most beautiful woman on earth I've ever seen.
And today, December 14th 2009, Ibu saya mencapai usia emasnya. Alhamdulillah, Lima Puluh Tahun.
Biasanya, kalau saya ulangtahun Ibu puasa untuk saya. Biasanya kalo saya ulangtahun Ibu masak yg special or at least buy me a special food. Biasanya, kalo saya ulangtahun, Ibu cium pipi saya kanan dan kiri, memeluk saya sambil mengusap-usap punggung saya dan meniup-niup ubun-ubun saya sambil mulutnya komat-kamit mengucapkan doa untuk saya.
And right now, I just feel like wanting to do the same thing for you mother..

"Happy Birthday, Nyonya Besar..."

0 comments: