22.12.09

I (suddenly) remember #2

This post is related to I suddenly remember #1...posted in January 2008.

Dua ribu lima, Agustus tanggal 17 saya berada di lapangan sepakbola Sarana Olah Raga ITB, mengikuti upacara bendera bersama ribuan mahasiswa baru ITB lainnya yang entah berdatangan dari semua penjuru Indonesia.
Ada spanduk besar terpampang di pintu masuk ITB kala itu,
"Selamat Datang Putra Putri Terbaik Bangsa" bunyinya.
Awal tahun 2006, nilai kuliah semester pertama keluar. Serpihan-serpihan semangat rontok menerima hasil perkuliahan semester pertama yang mengerikan.
Pertengahan 2006, semakin gamang dan tak bergairah melanjutkan kehidupan sebagai mahasiswa Teknik. Mencari-cari peluang di luar bidang teknik yang memang diminati, ada yang meminta menunggu untuk menjalani tesnya terlebih dahulu dan ada yang sudah tinggal tahap registrasi.
Lalu di tengah-tengah proses itu, datanglah berita besar bagi mahasiswa Geodesi ITB angkatan 2005 kala itu... Panggilan OS!
Gairah untuk menyatukan angkatan itu timbul, tak terkecuali beberapa kepala yang kemudian akhirnya menjadi teman terdekat saya sampai dengan hari ini.
Di hari terakhir saya sebelum berangkat ke Lampung untuk ikut seleksi SPMB tahun 2006, beberapa kepala yang akhirnya menjadi teman terdekat saya itu datang ke kosan saya. Bicara dari hati ke hati, bahwa mereka masih sangat menginginkan kehadiran saya di antara mereka. It means a lot for me.
Dan saya pun berikrar, "jikalau SPMB kali ini lagi-lagi kedokteran gigi tidak menerima saya maka saya akan mencoba bertahan menjalani kehidupan di ITB"
Dan lagi-lagi, jodoh saya dengan kedokteran gigi memang sangat jauh dari dekat. Untuk yang keenam kalinya saya tes baik itu kedokteran gigi UI, Unpad, maupun UGM, semuanya saya gagal. Hmm.. Sniff sniff.. I smell conspiracy...
Lalu saya pun menjalankan proses OS IMG itu. Gak berat.. Ringan malah. Iya. Yang kami jalanin, itu lari-larian..Sedikit push up dan sit up..Interaksi-interaksi malam hingga pagi.. Semuanya dijalanin dengan sangat ringan. Mau tau kenapa? Karena ada 66 orang teman lainnya yang juga menjalaninya bersama-sama saya.
Dan di 24 Desember Tiga Tahun yang lalu itu, secara resmi angkatan prematur dan sedang krisis identitas itu menjadi bagian dari Ikatan Mahasiswa Geodesi. We were soooooo happy.

Malam itu, malam setelah pelantikan, saya ingat saya pulang ke kosan bersama beberapa teman yang kebetulan satu kosan, menuju kamar masing-masing dan dengan energi yang telah habis sama sekali langsung jatuh tertidur. Tertidur dengan senyum merekah, perasaan yang hangat, dan jaket kebanggan masih melekat...

Sudah tiga tahun berlalu, kawan.. Terimakasih, Kamerad-kamerad kebanggaanku.

0 comments: