25.7.09

Naik Mesin Waktu Ke Tahun Lalu: Kemah Kerja 2008

Lokasi: Hutan Gunung Walat, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.


Kuliah ini adalah satu-satunya mata kuliah yang (sepanjang sejarah menjadi mahasiswa teknik Geodesi dan Geomatika) pernah saya jalani dengan sepenuh hati. Lalu ketika tiba-tiba kangen dengan suasana Kemah Kerja yang setahun lalu itu, saya jadi iseng browsing dan sedikit terkejut ketika menemukan foto saya dan teman saya yang sedang mengukur dipajang di blog ini. Menarik juga ya...
Oh iya, tulisan di blog tersebut, isinya sepenuhnya adalah Info mengenai profil Gunung Walat itu sendiri... Harusnya di blog milik saya ini isinya justru mengenai kondisi topografi, lokasi, dan konturnya ya, But I’d prefer to re-post the story behind the survey session=))





PERKENALKAN!
Kelompok 4 yang kebagian mengukur wilayah paling Barat..


1. KETUA IMG yang jadi KETUA KELOMPOK 4: M. Gunawan Raditya a.k.a AGUN
TUGAS: Menulis Laporan Harian, Memegang rambu, Menebas tanaman yg menghalangi bidikan ke objek, Angkat alat, menyiapkan alat di pagi hari dan mengembalikan alat di sore harinya.
RUTINITAS: Setiap hari setelah pulang dari pengukuran lapangan, buru-buru mandi dan ganti celana, lalu berkunjung ke kamar seberang (kamar saya) dengan niat busuk: pedekate ke temen sekamar saya. Cih! Update terbaru, pedekate The User berlangsung sangat lancar dan baru saja bulan lalu keduanya merayakan anniversary yg pertama.



2. KOORDINATOR LAPANGAN KEMAH KERJA dan MASTER KELOMPOK 4: Tarman Zainuddin a.k.a Tarboy.
TUGAS: Merencanakan Pengukuran, Membidik Objek, Memegang Rambu, Membaca hasil ukuran, Mencatat hasil ukuran, Menebas tanaman yg menghalangi bidikan ke objek, Mengangkat alat, Mengolah data.
RUTINITAS: Setiap malam duduk di pojok mejanya ditemani lagu-lagu sendu dan membuka folder terlarang dalam hard disk komputernya yang salah satu di dalamnya terdapat sebuah proposal keren banget: Proposal Peninjauan Kembali Hubungan beliau dengan mantan pacarnya. Dilaporkan update terbaru bahwa oknum dan sang mantan telah menjalani hubungannya kembali. Semoga kali ini adalah persinggahan terakhir The Player...




3. KETUA KEMAH KERJA yang HANYA JADI ANGGOTA BIASA DI KELOMPOKNYA=Fauzan Ikhwanda a.k.a Paijo
TUGAS: Briefing Malam, Menebas tanaman yg menghalangi bidikan ke objek, mengambil makanan, Jaga malam, Mencatat Hasil Ukuran, Mengangkut barang ketika mobilisasi.
RUTINITAS: Dijebak untuk briefing setiap malam karena sebagai ketua kemah kerja beliau punya kewajiban untuk selalu hadir dalam briefing, jadi sekalian aja beliau mewakili kelompoknya. Hahaha. Dan selalu sial juga kebagian jaga malam sebagai perwakilan kelompok karena kalah dalam hompimpah..Konspirasi! HAHAHAH. Walaupun ketika datang waktunya solat jumat beliau justru memilih menangis meraung-raung di kamar mandi menangisi kuku-kukunya yang dikutekin hitam sementara teman-teman yang lain sudah berangkat ke masjid, beliau sangat berjasa karena merupakan anggota kelompok paling loyal yang rajin menjemput makanan di basecamp dan membawanya ke lapangan sebagai asupan energi teman-teman kelompoknya yang lain (so sweeeet, hahaha). Update terbaru, Ketua Kemah Kerja ini mengalami cinta lokasi dan cinta yang menjebak dengan Sekretaris Kemah Kerjanya yang sama-sama berbadan subur...


See? Betapa hero-nya Paijo... Tapi lebih hero lagi Agun dan Sheiy=)


4. KOORDINATOR HUMAS KEMAH KERJA dan ANGGOTA KELOMPOK 4: Ernis Lukman a.k.a BunBun
TUGAS: Anggota Tim Kerangka Dasar Horisontal dan Kerangka Dasar Vertikal Global, Anggota Tim Pengukuran GPS, Menebas tanaman yang menghalangi bidikan objek.
RUTINITAS: Oknum yang sangat hobby segala jajanan yang bisa dicolok-colok ini selain selalu sibuk dengan urusan hubungan masyarakatnya, Bun-bun tetap tidak lalai menjalankan usaha untuk menggaet hati dari salah seorang oknum dari kelompok seberang. Update terbaru, Gak ada progress=kitu-kitu hungkul, dimana pergerakan selalu mentok dan hati oknum seberang tak kunjung tergaet. Wew.



5. Dan ANGGOTA TERAKHIR KELOMPOK 4: SAYA, YANG BIASA-BIASA AJA...
TUGAS: Biasa-biasa ajalah yah.. =)
RUTINITAS: Tidak bisa memulai hari pengukuran dengan semangat jika tidak melihat seorang asisten yang berinsial TOY karena tingkat kesotoyan yang dimiliki si Toy yang melebihi mahkluk apapun di dunia ini... *sigh*
Sheiy: “Eh, aya si Toy!”



6. ANGGOTA TAMBAHAN: ADE TEAWARMAN a.k.a TENAGA LOKAL
TUGAS: Yah.. harusnya seperti tugas-tugas tenaga lokal pada umumnya...Membantu pekerjaan-pekerjaan para surveyor. Namun disarankan untuk tidak coba-coba mempekerjakan tenaga lokal yang satu ini jika anda cukup bijak karena selain tarifnya yang sangat mahal, tenaga yang satu ini menuntut kesabaran luar biasa karena maintenance-nya yang sangat tinggi dan mobilitasnya yang macam siput. BAH!



NAH! Selain beberapa kejadian mistis yang terjadi semisal beberapa pertengkaran yang secara bergilir terjadi antara oknum di kelompok, juga terjadinya kerusakan alat di hari pertama yang membuat hari pertama pengukuran tidak produktif sama sekali, atau juga tragedi dikejar-oleh-anjing-jadi-jadian yang membuat mahkluk paling indah di dua kelompok yang saling bertetangga jadi trauma, atau juga terjadinya tragedi digigit semut ketika sedang buang air kecil karena oknum yang buang air kecil tanpa sadar menyirami sarang semut hutan...Dan terutama karena semua jenis benda tajam yang digunakan untuk mematahkan 'ranting-ranting kecil' yang menghalangi jarak bidikan alat ukur ke objek selalu berakhir dengan mengenaskan.

KELOMPOK 4 di Lokasi Terakhir...

Kemah kerja itu macam OS.
Menyenangkan dan selalu indah untuk dikenang...Tapi EMOHHH kalo disuruh ngelakuin ulang!

1 comments:

BeeMouNTaiN said...

picturenya ok banget!!!!!