26.11.08

Penggurunan Sebagai Dampak Sekaligus Pendukung Terjadinya Pemanasan Global*

Sebuah tulisan... Yang tidak bermaksud memanas-manaskan:)


ABSTRAK

Bumi dengan fenomena-fenomena yang dimilikinya merupakan sebuah planet yang dinamis. Pergerakan dan perubahan bumi yang berlangsung secara terus-menerus ini beriringan dengan segala aktivitas manusia di bumi pula. Beragam fenomena bumi yang muncul karena dampak terganggunya keseimbangan bumi dikatakan sebagai dampak dari manusia yang secara berlebihan dan tidak kooperatif mengeksploitasi bumi. Bumi yang semakin panas karena aktifitas manusia diperkirakan akan terus mengalami peningkatan suhu jika tetap dibiarkan dalam stagnansi kondisi. Dalam makalah ini penulis menguraikan salah satu dampak akibat meningkatnya pemanasan global yaitu penggurunan (desertification). Penggurunan berpotensi mengganggu keseimbangan bumi dengan peningkatan suhu di daratan suhu udara di daratan sehingga kestabilan siklus udara yang sebelumnya sudah berlangsung akan terganggu.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PENGGURUNAN SEBAGAI DAMPAK SEKALIGUS PENDUKUNG TERJADINYA PEMANASAN GLOBAL

Meningkatnya suhu bumi yang dikatakan sebagai isu pemanasan global merupakan realita dalam ilmu geografi lingkungan yang paling dekat dalam kehidupan manusia saat ini. Ilmu geografi lingkungan yang menggambarkan aspek-aspek spasial dari interaksi antara manusia dan lingkungannya menyampaikan bahwa manusia dengan segala aktifitasnya sebagai subjek yang berwahana di bumi akan memberikan pengaruh terhadap fenomena-fenomena yang ada di bumi pula.

Kenyataan bahwa daerah bumi yang ¾ nya ditutupi oleh air dan isu mengenai terus mencairnya es di kutub yang akan menyebabkan gas metana yang berada di bawah kutub naik ke permukaan dan menambah jumlah gas penyebab pemanasan global telah menimbulkan kegelisahan bagi seluruh warga dunia. Padahal faktanya, daratan yang merupakan tempat populasi terbanyak manusia adalah penyumbang utama gas-gas penyebab pemanasan global. Istilah penggurunan adalah salah satu dampak dari pemanasan global tapi juga sekaligus penyokong terjadinya pemanasan global yang kejadiannya begitu dekat dengan manusia, terutama yang berada pada iklim tropis dengan musim kemaraunya yang berkepanjangan.


Pemanasan Global (Global Warming)

Pemanasan global adalah indikasi naiknya suhu muka bumi secara global (meluas dalam radius ribuan kilometer) terhadap normal/rata-rata catatan pada kurun waktu standard (ukuran Badan Meteorologi Dunia/WMO: minimal 30 tahun).

Proses Pemanasan Global

Pemanasan global sangat terkait dengan efek rumah kaca. Selama ini komposisi gas di atmosfer menunjang kehidupan di bumi dan membuat bumi layak huni. Gelombang matahari yang mengarah ke bumi sebelum terpantul balik ke luar angkasa sebagian diperangkap gas-gas di atmosfer sehingga bumi 30° Celsius lebih hangat. Namun, ketika gas-gas yang melindungi manusia, di antaranya karbon dioksida, terakumulasi terlalu banyak di atmosfer, keseimbangan panas bumi pun mulai terganggu. Sinar matahari yang diperangkap makin banyak sehingga suhu bumi menjadi semakin panas.

Terjadinya peningkatan jumlah gas yang terperangkap di atmosfir tersebut terkait dengan aktifitas-aktifitas manusia yang meningkatkan gas-gas buangan tersebut secara berlebihan dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Namun dengan fakta adanya keterkaitan antara manusia dan bumi, dimana akan selalu ada interaksi antara keduanya, maka aktifitas manusia yang berdampak negatif pada bumi, seiring dengan berjalannya waktu juga akan menimbulkan dampak negatif pada manusia itu sendiri. Beberapa aktifitas seperti penggunaan energi fossil berlebihan, peningkatan populasi manusia, eksploitasi lahan besar-besaran dan aktifitas-aktifitas lainnya telah menimbulkan dampak yang sangat beragam salah satunya adalah peristiwa penggurunan.

Penggurunan (Desertification)

Penggurunan adalah proses degradasi lahan yang produktif menjadi tidak produktif sebagai imbas dari buruknya manajemen lahan. Perubahan iklim global yang drastis akibat pemanasan global akan merusak keseimbangan dan menyebabkan degradasinya lahan-lahan di muka bumi.

Penggurunan sebagai Dampak dari Pemanasan Global

Beberapa penyebab terjadinya penggurunan antara lain eksploitasi lahan berlebih, manajemen lahan yang salah, kerusakan hutan, meningkatnya kebakaran, penggunaan air tanah berlebih, dan perubahan iklim yang drastis.

Perubahan iklim yang drastis dapat menyebabkan kekeringan berkepanjangan dan membuat kerusakan lahan sehingga berkurangnya daerah vegetasi (daerah hijau). Daerah hijau memiliki udara yang lebih dingin yang dapat mencegah terjadinya erosi permukaan tanah bagian atas yang merupakan bagian lahan untuk ditanami tumbuhan. Dengan terjadinya kekeringan yang berakibat pada penggurunan, lahan menjadi tidak produktif dan tidak bisa berfungsi sebagai tempat tumbuhnya tanaman.

Penggurunan sebagai Penyebab Pemanasan Global

Penggurunan akan menyebabkan terbatasnya lahan yang bisa ditanami tumbuhan sehingga terjadilah keterbatasan pasokan makanan dan berkurangnya senjata memerangi Efek Gas Rumah Kaca. Terbatasnya jumlah tumbuhan yang mampu menyerap gas CO2 yang merupakan penyumbang terbesar gas rumah kaca akan membuat siklus pemanasan oleh efek rumah kaca terus berlangsung dan menyebabkan bumi semakin panas. Selain itu daerah yang mengalami penggurunan dengan kekeringan berlebih berpotensi menimbulkan badai gurun seperti yang pernah terjadi di The Great Pilains, Us pada tahun 1930-an.


ANALISIS

Penggurunan banyak terjadi di wilayah beriklim tropis karena memiliki musim kemarau yang memungkinkan musim kemarau tersebut berlangsung lebih lama dari biasanya. Kemungkinan ini bisa disebabkan oleh perubahan iklim drastis akibat pemanasan global yang merupakan imbas dari terjadinya tingkat pelepasan gas yang tinggi akibat aktifitas berlebih dari manusia.

Manajemen tanah yang salah juga merupakan bentuk salah pengertian dari manusia khususnya yang menjadikan tanah sebagai mata pencaharian. Proses penyuburan tanah dengan menggunakan zat-zat kimia yang sering dilakukan merupakan salah satu kegiatan pemicu terjadinya kerusakan tanah sebelum akhirnya mengalami penggurunan.

KESIMPULAN

Wilayah yang populasinya tinggi memiliki potensi lebih besar terjadinya penggurunan karena lahan yang kosong akan dimaksimalkan untuk bermukim dan unsur hara serta kandungan air dalam tanah akan dihabiskan untuk kepentingan sehari-hari sehingga lahan menjadi tidak produktif. Lahan yang tidak produktif ini akan menyebabkan terbatasnya jumlah daerah vegetasi yang menyerap gas CO2 sehingga gas yang dihasilkan wilayah populasi tersebut diperangkap di atmosfir dan menghasilkan panas yang menyebabkan pemanasan global.

SARAN

Berikut beberapa saran untuk pencegahan dan penanganan Penggurunan yang dapat penulis kemukakan setelah hasil kajian:

Mempertahankan dan memperbanyak keberadaan daerah vegetasi.

Membuat suatu kebijakan berskala global mengenai tata cara manajemen pengolahan tanah dan penggunaan air tanah sebagai bentuk preventif terjadinya kerusakan tanah.

Merehabilitasi dan restorasi ekosistem daerah vegetasi yang telah rusak.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

REFERENSI:

Lee, F B, Global Desertification, http://www.ezinearticles.com/, Oktober 2008

Aloysius Weha, Global Warning of Global Warming, http://www.wikimu.com/, Desember 2007

Desertification, http://www.greenfacts.org/, 2006

www.bcb.uwc.ac.za/Envfacts/facts/desertification.htm

Agus Winarso, Paulus, Pemanasan/Perubahan Iklim Global dan Dampaknya Di Indonesia


*) caplokan tugas kuliah

24.11.08

sesuatu untuk sahabat.

Pernah ada yang bilang kalo perempuan dan laki-laki sahabatan, one would fall to another. And it would consider two choices at last, one-they would end up as a custom friend instead of best friends since the one whom falling is disappointed of the other’s rejection. Or, two-they would end up as custom couple, which may also create some new consideration in the end. They might break up, or hate each other for the fight, or happily married, or back to be best friends just like they used to be.

Anyone could be someone’s friend. Berteman itu butuh kenyamanan. Dan kenyamanan bisa ada dengan adanya beberapa kesamaan. Kenyamanan juga bisa ditemukan dalam tingginya frekuensi interaksi dalam ruang dan waktu yang sama. Dengan sering ketemu, sering ngobrol, sering berbagi maka bisa ditemukan satu-dua kesamaan dan membentuk rasa nyaman. Berteman dengan teman yang gender-nya sama tentu akan lebih bisa dibaca siklusnya. Sedangkan berteman dengan yang berbeda gender akan melibatkan gap-emosional yang membutuhkan adaptasi lebih lagi untuk membentuk kenyamanan tadi. Tapi, ntah kenapa, bagi saya, kenyamanan itu lebih mudah terbentuk dengan yang berbeda gendernya. Yang sama gendernya memang saya lebih tau siklusnya seperti apa. Tapi kenyataan bahwa saya lebih tau karateristik itu ternyata justru sering menimbulkan praduga-praduga yang random muncul di awal perkenalan saya dengan mereka. Trust me, it aint comfort at all to get closer with girls for me. Actually I guess it’s influenced by my older brother as well. Since my older brother is only a year older than me, He also become my closest friend for all my life. Not only parents that we’ve been share with, but also friends. Therefore I know how to treat guys better than girls. Most of guys don’t deal with emotion when we’re hangin around. It’s just the click we need, then there it is..

Dan memang, mungkin tanpa disadari seringkali rasa nyaman yang timbul tadi kemudian akan membibitkan perasaan-perasaan lain. Seperti pertemanan pada umumnya, akan muncul empati, perasaan kehilangan jika tidak ada teman yang biasanya menemani, perasaan khawatir, perasaan kangen, dsb. Dan terjebak dalam situasi seperti pepatah yang saya tuliskan di awal tadi tentu punya peluang lebih besar dalam pertemanan dengan lawan jenis. I can say it because I am quite experienced in it. Hehe. Fyi, my first boyfriend was my brother’s best friend which was also my friend. But It only took a month sampai akhirnya kita sama-sama sadar kalo semuanya berjalan amat sangat salah dengan status baru itu dan mengakhirinya dengan cara yang salah pula sampai saya dan dia jadi tidak bertegur sapa untuk waktu yang cukup lama sesudahnya. I felt lost right after. And I promise myself to not letting it happen again. I wont let myself losing any of them.

So, what about you, do you agree with the statement about the best friends thing they said about between girls and boys?
I do. Tapi terkadang kita tidak benar-benar bisa menyadari apa yang kita inginkan sampai akhirnya kita benar-benar kehilangan…


“Karena ketika hatiku bicara, bibirku tak mampu menyuarakannya
Karena ketika hatiku merasa, logikaku tak mau rasa itu ada
Karena ketika awan berarak, samudra berdesir, matahariku sayu menatap pergimu…
Aku tak mau kamu tau.
Aku tak mau kamu sampai tau , aku sempat takut kehilangan dirimu…”

Presented to you, my best friend.
Best friend lasts forever. And I want you beside me forever.

10.11.08

so over you...

Since I knew keeping you untouchable would let my mind to keep you unreal-locked-deep down-not letting anyone to get in, get it out, nor get it down, so I let myself to stay there.


Stay there.


Keep seeing you around and let you seeing me around.
Keep conversing with you and let you converse with me.
Laugh for your joke and let you laugh at my silly thought.
Knowing your deepest secret and (pretend) letting you know my deepest secret.
Those things.



To find who you are and let you know how I am.
Till finally I can tell you that (OH!) I'm so over you.
I AM SO OVER YOU...

15.9.08

A lesson to learn.

INI, adalah alamat blog seorang dosen di jurusan saya.
Dan cerita ini adalah cerita tentang kejadian nyata di kelas yang dia ajar dan tengah saya ambil.


Saya tidak akan berusaha memberikan pembelaan sebagai salah satu pengisi ruang tunggu toilet yang dimaksud, juga sebagai pelaku pengguna toilet yang dimaksud (soalnya saya juga sempet izin keluar kelas hari itu!).
Hehehe. Tapi saya ingin memberikan deskripsinya dari sudut pandang saya.


Kuliah Geografi Lingkungan ini adalah salah satu mata kuliah wajib yang baru ditetapkan pada kurikulum baru 2008 ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, mata kuliah bernama Geografi Lingkungan tidak ada, tapi berekuivalensi atau bernilai sama dengan mata kuliah pilihan (bukan wajib) lainnya yaitu Geografi II. Nah, karena dulu mata kuliah Geografi II diketahui sebagai mata kuliah pilihan (yang banyak tugasnya), maka saya (dan beberapa teman lainnya) tidak berinisiatif untuk mengambil kuliah tersebut. Namun sejak diberlakukannya kurikulum baru yang menyatakan bahwa kuliah tersebut menjadi kuliah wajib di tingkat 3, maka saya dan teman-teman yang belum mengambil kuliah Geografi II pun jadi harus mengambil mata kuliah ber SKS 3 tersebut di tingkat 4 ini. Huhuhu.
Jadilah, saya sebagai angkatan 2005 dan teman-teman angkatan di atas saya (2004) yang belum mengambil Geografi II sebagai ekuivalensi kuliah ini pun jadi mengambilnya berbarengan dengan teman-teman 2006. Bayangkan, kelas ini akan berisi 3 angkatan dengan dua angkatan tertua yang tengah terjebak sistem kurikulum baru.


Pertemuan-pertemuan awal memang sudah terbaca gelagat tidak sehat dalam kelas. Mahasiswa yang datang ke dalam kelas melebihi jumlah kursi yang tersedia. Akibatnya terdapat beberapa teman-teman mahasiswa yang duduk mengemper di bagian paling belakang kelas tanpa bisa menyimak penjelasan dosen yang berada di sisi depan kelas. Teman-teman yang berada di sisi belakang kelas pun jadi ribut sendiri tanpa memperdulikan penjelasan dosen dan sebagian malah tidur-tiduran.


Minggu selanjutnya, terkait dengan bentrok dengan jam perkuliahan lain dari mayoritas mahasiswa kelas Geografi Lingkungan ini, maka kuliah ini yang seharusnya berlangsung 3 jam dalam kelas dengan 1 jam di hari Selasa sementara 2 jam lainnya di hari Kamis, dirapel dengan kesepakatan bersama menjadi 2,5 jam di hari Kamis.

Dan ruang kuliah pun dipindah ke tempat yang lebih besar kapasitas menampungnya.

Baiknya, semua memang jadi mendapatkan tempat duduk. Buruknya, posisi ruangan kelas -dimana dosen berada di sisi depan kelas sedangkan pintu keluar di sisi belakang kelas- tentu sangat memudahkan (dan menggiurkan) bagi mahasiswa untuk keluar kelas dengan ataupun tanpa izin Dosen.
Perkuliahan hari itu pun chaos. Terjadi kluster-kluster dalam kelas. Ga kondusif. Yang paling parah emang ya pintu keluar di belakang kelas yang bolak-balik dibuka-tutup dan menyebabkan bunyi berderit tiap kali ada yang keluar dan masuk kelas. Annoying!


Di akhir perkuliahan, Pak Dosen mengatakan bahwa perkuliahan hari itu adalah perkuliahan terburuk yang pernah beliau isi.


Dan saya pun tidak menyangkal bahwa perkuliahan hari itu memang buruk.



Geografi Lingkungan adalah salah satu cabang dari ilmu Geografi. Kuliah ini menjelaskan aspek hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya.
Setelah masa perkuliahan yg sudah berjalan sekitar 1 bulan dengan beberapa presentasi yang telah dihadirkan, setiap tema yang diusung selalu menghadirkan dampak-dampak negatifnya. Misal, atmosfir dengan efek greenhouse-nya, coastal area dengan dampak keracunan-erosi-dsb.
It was caused by human, and affected the human's life itself.

Dan saya berharap semoga hubungan timbal balik yang telah ada antara manusia satu dan yang lainnya dalam kelas Geografi Lingkungan ini, yang mungkin telah tercoreng oleh kesalahan dari salah satu pihaknya, tidak akan berdampak buruk bagi salah satu maupun keduanya.
Amien.
Piss, ah!

12.9.08

wondering why.

orang-orang.
kebanyakan.
di YM..
di FS..
di Facebook..
anywhere.
Lagi hobby menggunakan sebuah 'line' di salah satu iklan TV sebagai 'status message' atau 'shout out'-nya. Itu tuh yang tentang 'cewek possesif'.


'dikosan-ngenet-sendiri'
'di rumah-tepar-sendiri'
etc.


hihi.
Iklan itu ternyata begitu dekat dengan dunia kita ya.
Merefleksikan betapa sebuah informasi lokasi-kondisi-dan situasi seseorang adalah most common things yang paling sering ditanyakan oleh pihak lain. basa-BASI.

25.8.08

Di saat yang tepat.

Selasa minggu lalu perkuliahan semester ini dimulai.
Udah Semester 6 loh. Gak kerasa...
Beberapa temen udah ada yang ngambil SKS Tugas Akhir. Beberapa lainnya sengaja tidak mengambil tapi sudah menargetkan mengambil semester depan.
Saya gimana?
Ya gak gimana-gimanaaa...


Hehe.
Selasa minggu lalu saya dapet paper pertama semester ini yang mesti dikumpul besok.
Jadi, semester ini saya ngambil mata kuliah Survei Deformasi dan Geodinamika. 2 SKS.
To Be Honest, di hari pertama kuliah tsb, saya gak punya gambaran kuliah ini mempelajari tentang apa..
Awal-awalnya Sang Dosen hanya menjelaskan mengenai rules perkuliahan, absensi-paper-dsb. Kemudian Beliau bermaksud untuk mulai menjelaskan materi dengan prolog sebuah pertanyaan yang sangat sederhana:

"Apa itu Geodesi?"

Actually pertanyaan itu bener-bener udah familiar banget buat saya. Juga dengan teman-teman saya di kelas saat itu yang sebagian besar satu angkatan dengan saya.

Dan saya juga sebenernya udah biasa banget menjawab pertanyaan tersebut.
Tapi biasanya yang bertanya adalah orang-orang non-Geodesi yang memang belum tau sama sekali tentang Geodesi. Penjelasan yang sederhana menghindari istilah-istilah ilmiah bisa jadi cukup buat mereka.
Tapi jika pertanyaan tsb diajukan oleh seorang dosen tentu jawaban yang dibutuhkan berbeda.
Dan hari itu kami cukup mengecewakan Sang Dosen karena tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan beliau...
Dan Paper pertama pun diberikan. Ibarat rendezvous ke 3 tahun yang lalu lagi di mata kuliah Pengantar Geodesi dan Geomatika, saya ditugaskan untuk membuat paper mengenai 'apa itu Geodesi'.
Very Funny.
Berasa lagi diingetin.
Kelompok Keahlian apapun yang di ambil nantinya, basic mengenai Geodesi gak seharusnya dilupain gitu aja...


And by the way, di kelas itu juga terdapat teman-teman yang sudah mengambil SKS TA loh, dan mereka sama mengecewakannya dengan saya yang masih tau diri kalo belum siap untuk jadi geodetic-engineer jadi belum sesumbar mau lulus cepet-cepet.



Well anyway,

"Jadi gimana sheiy, kapan lulus?"

12.8.08

tanggalan.

Calendar by ~MBoothman on Deviantart


Cukup lama setelah terakhir kali saya melihat kalender. Ntah itu kalender yang terpampang di atas televisi kosan atau kalender yang terdapat di fitur HP saya.
Setelah beberapa hari sebelumnya pada tanggal 1 agustus saya mengakhiri masa magang, kemudian (tebak-tebakan) saja ya kira-kira tanggal 4 atau 5 saya berangkat ke jogja, dan tanggal-tanggal lain yang juga hanya tebak-tebakan dan perkiraan...
Jadi banyak yang terlewatkan dan jadi sering mengecewakan..
Hmm. Being (so much) un-organized. Buta tanggal, acak-acakan, awut-awutan, gak jelas mau ngapain.

"Oioioi, the clock's still ticking, sheilla..."

29.7.08

senja sore hariku.

Sunset by JustKS on Deviantart

Tak lagi ingin ku bicara tentang bintang.
Karena tak lagi kutemukan jalan pulang.


Biar hariku masih membiru.
Biar hangatnya menyengat menghanguskan haru.
Biar...


Biar kau tetap menjadi senja sore hariku.
Sampai ku temukan lagi jalan pulang.

11.7.08

magang #1

Hari terakhir minggu kedua saya kerja.
Ehemm.
Yang biasanya kuliah pagi pasti telat, udah bbrp hari kerja di 2 minggu ini saya bangun jam 5-solat-mandi-beresin kamar-berangkat sebelum jam 6.45-menempuh perjalanan jauh ke Soekarno Hatta dari Dago-ikut apel pagi-kerja-sore jam 4 pulang-menempuh perjalanan yang sama dengan rute berangkat-sampe kosan jam 5. Tepar. Begitu seterusnya setiap hari... Hehehe. Semakin tidak menarik saja perempuan yang membosankan ini.
Dan harusnya jam segini ini saya udah sangat siap, tinggal manasin mobil, berangkat.
TAPI. Berhubung kemarin pagi pembina apel menginformasikan bahwa hari ini agenda senam jumat digantikan dengan agenda pengajian di pagi hari, kemalasan pun datang melanda.


Berawal dari tidak mengambilnya saya kuliah Semester Pendek, kemudian bingung mau ngisi liburan dengan kegiatan apa, lalu rencana homestay yang gagal karena kakak yang harus KP di Klaten, akhirnya saya malah ikutan ngambil KP juga..
Saya KP di Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung bersama 3 orang teman seangkatan lainnya.
Dan di BPN kita masuk di Seksi Survey Pengukuran dan Pemetaan.
Hari pertama kerja adalah sekedar orientasi dengan pekerjaan di Seksi SPP itu. Kita lebih banyak melihat, mengamati, dan belum diperkenankan untuk terjun langsung mengoperasikan komputer. Gak enak banget seharian ngeliatin orang kerja dengan komputernya masing-masing, udah kayak pengawas ujian aja saya mondar-mandir .
Dan yang lucu, siang hari jam 12 waktu setempat di hari pertama itu, ada info yang beredar bahwa akan ada pemadaman listrik. Which means, seksi yang saya tempati yang sangat bergantung dengan komputer, tentu tidak bisa beroperasi. Dan ketika saatnya tiba, yaitu pemadaman yang dimaksud tadi, tiba-tiba pegawai yang tadinya autis sendiri dengan komputernya masing-masing itu kompak ber-YES-YES ria bahkan terdengar sebuah teriakan bahagia.."akhirnya datang juga....". HAHAHA.
Pulang cepet dehhhh....

Keseluruhan aktivitas di sini mungkin baru bisa menyusul di potingan selanjutnya. Mau berangkat sekarang biar gak telattt! Hihi. =P

10.7.08

reminds me of them...

Tiada Gunung

Tiada gunung terlalu tinggi
Buat kami daki di hawa panas Tiada jurang terlalu dalam Buat kami turuni di malam gelap, malam gelap Hutan rimba, padang lalang Kususuri jalan nan jauh Panas terik, hujan berangin Maju terus, jalan terus Haram patah, haram patah Hati kami, hati kami Karena beraninya Pasukan IMG ku lah Menyapu lawan semua



It's a song.
Kenapa saya menulis syairnya di sini?
Setelah mampir di abang ini, waktu saya baca judul lagu ini di postingan terakhirnya, di kepala saya langsung terngiang melodinya, dan saya serasa ingin menyanyikan lagu ini lantang-lantang.
aduh, kangen. Kangen apa? Hehe. Kangen nyanyiin lagu ini sama kamerad-kamerad lainnya. Udah lama, terakhir kapan ya?

4.7.08

Outbond di Cimanggu, SERUUU!

Kemaren ada yang nge-hack saya dan ngepublish statement bahwa saya lesbi.

ampuun tau aja. HAHAHA.
Saya pacaran sama lawan jenis kan cuma kamuflase doang.
Hahaha.
do u believe it? DO YOU?


by the way, saya punya oleh2 dari CIMANGGU...

Kronologisnya gini nih,
Tanggal 28 ada acara camping outbond dan cari jejak dengan GPS untuk siswa Sekolah Dasar yang lokasinya di Cimanggu, Ciwidey, Jawa Barat yang main committee-nya dari temen-temen Indonesia Young Geodesy and Geomatic Community (IGGC).
H-2 saya masih di lampung, tiba-tiba dikabarin saya harus jadi salah satu pembimbing untuk acara tersebut sebagai perwakilan dari IMG.
Sampai di Bandung, H-1 jam 8 malam, saya mesti nyiap2in semuanya karena diisukan besoknya tim pendahulu yang terdiri dari para pembimbing dan tim IGGC-nya mesti berangkat sebelum jam 7.
Tau-tau besoknya sepagi buta pun saya berangkat, trnyata dari basecamp berangkatnya tetep jam 9.

Sampai di lokasi, setelah menempuh perjalanan kira-kira 1,5 jam, beresin sana sini, gak lama kemudian tim peserta dan panitia lainnya sudah tiba di Cimanggu.
Agenda outbond dimulai.
Perkenalan. Permainan olah tubuh. Permainan wahana (flying fox, wahana air, dll).
Momen-momen permainan inilah yang menjadi momen awal saya dan para peserta saling mengenal.
Setelah outbond selesai, anak-anak peserta outbond diarahkan untuk mendirikan tenda secara mandiri.
Hihihi. Awalnya iya, pada rebutan pengen megang tenda, pengen megang tiang, pengen ikutan nali... Tapi kelama-lamaan mungkin karena kelelahan dan bosan tendanya urung juga berdiri, satu persatu mereka mengalihkan tanggung jawabnya dan sibuk mencari permainan baru.
Lucu.

Malamnya setelah makan malam, mereka mendapatkan pengarahan materi mengenai GPS handheld dan peta digital.
Sambil mengantuk dan kedinginan (malam-malam di Ciwidey memang dingin luar biasa), mereka mendengarkan arahan dari panitia.
Setelah agenda peta digital selesai, harusnya dilanjutkan dengan api unggun, tapi hampir semua anak sudah tidak kuat menahan kantuk dan dinginnya udara luar. Sambil memeluk saya manja, beberapa dari mereka meminta ditemani tidur.
"ka sheilla tidur dimana?" salah satu dari mereka bertanya ketika saya menemani mereka masuk ke dalam tenda.
"belum tau, sayang.."
"kok belum tau?"
"mungkin di luar...atau di mobil.."
"tapi kan di luar dingin kak? kakak di sini aja sama kita.."
"kan penuh.. "
"ya nggak apa-apa. daripada kakak sakit ntar kedinginan...?"
Huhuhu. Jadi terharu...

Malam itu setelah memastikan semua anak-anak perempuannya tidur, saya jadinya malah tidur di mobil. Aduuhh dinginnya jangan ditanya deh. Ampun. Menusuk tulang sampe gigi saya gemeletukan di waktu tidur. BRRrrrr....

KEESOKANNYA adalah hari outbond ke lapangan (mencari jejak dengan GPS). Pagi harinya, semua pembimbing dan panitia berangkat ke lapangan yang jaraknya sekitar 1 km dari basecamp terlebih dahulu untuk memasang jejak-jejak yang nantinya akan dicari oleh para peserta. Setelah beres, para pembimbing kembali ke basecamp untuk menjemput para peserta dan kembali ke lapangan lagi bersama rombongan peserta.
Dari keseluruhan acara, membawa semua anak-anak ini ke lapangan merupakan hal terberat yang harus saya lewati.
Yah lincahnyaaaaa...AMPUN!
Belum lagi kalo ribut-ribut ngerebutin sesuatu. WADUUUUH.
Hahaha.
Momen yang paling lucu buat saya adalah ketika di tengah-tengah perkebunan teh, kelompok yang saya bimbing lagi ngikutin arah GPS-nya dengan posisi saya adalah di belakang rombongan, tiba-tiba yang cewek-cewek teriak-teriak mau menangis karena ketakutan ngelewatin kuburan. Semuanya jadi berpegangan ke saya sambil nutupin mata. Hihihi.

baris-berbaris...mau makan:)

permainan. main pohon & pemburu :D

Belajar Peta Digital (sambil terkantuk-kantuk) :(

Capeekkk abis cari jejak yaaa??

ngapain sih?

umar-athian-sheilla-martha-nunu-bedu-ocha

oh, we're blushing! kepanasan atau apa yaaa? ;P

Ini dia tim panitianya! Akhirnya sampai Di Bandung lagi...


For sure, kesempatan saya untuk ikut dalam acara ini adalah pengalaman berharga buat saya.
Cuma seharian bareng aja udah bikin saya kangen even baru pisah beberapa jam juga. huhuhu;(
Next time lagi ya?

"X, mau?"

23.6.08

22 June 2008

minggu 22 juni kemarin, out of habit, saya ntn di bioskop siang-siang jam 1.

Jadi ceritanya sore hari sebelumnya kan saya dan temen-temen pengen ntn kungfu panda yg tiap mau ditonton selalu rame itu. Bahkan setelah awalnya nyoba ke ciwalk XXI dan ga dapet tiket sampe kemudian ke blitzmegaplex ParisVanJava, ternyata kungfu panda penuuhh jugaa. Menghindari kesia-siaan menerobos jalanan Bandung yang agak macet untuk menuju PVJ plus nyari parkiran PVJ yang full, it's saturday night dude!, akhirnya kita memutuskan untuk nonton film yang kira-kira gak nyampah dan meaning at least worth it-lah yah. Dan film terpilih itu adalahhh.... jeng jeng jeng jeng... THE FALL! yeah.
Bagus? Huaah speechless deh. Filmnya terlalu komplit! It's jenius. Awalnya mah kok kecewa ya, soalnya film yg saya harapkan (ngeliat dari posternya) tuh sejenis kolosal yang action banget. Ternyataaa.... Emang harus ngeliat endingnya untuk mengerti keseluruhan ceritanya.

Balik lagi ke antrian mau beli tiket nontonnya, saya si pembeli tiket ntah kenapa jadi terinspirasi pengen ntn Hulk juga. Terinspirasi awalnya karena orang-orang yang ngantri sebelum dan di sebelah saya pada mau nonton Hulk . 'Wah bagus nih kayaknya, nonton sama pacar ahhh...' Jadi deh, beli aja buat besoknya (hari minggu). Dan ntah terinspirasi darimana, saya minta schedule pertama, jam 12.45. Well oh well. Padahal sebenernya saya inget kalo si pacar susah diharapkan untuk pergi-pergi jam segitu terutama karena itu hari minggu!

Dan bener ajaaaa.. Meski udah diwanti-wanti utk berangkat jam stgh12, besoknya si pacar teteup...LELET. Bikin kesel. Kenapa sih gak bisa ON TIME? TELAT 20 MENIT JUGA BERHARGA TAU!
Baru ketemu aja udah ga enak atmosfirnya nih.
Memasuki pelataran parkir PVJ, it's 12.10, wah kayaknya masih sempet nih makan dulu di KFC, laper nih, belum mkan apa-apa hari ini.
Si pacar tanpa merasa bersalah nyuruh beli roti aja karena takut telat nontonnya.
"GIMANA SIH! YA INI PASTI SEMPET MAU NGAPA2IN JUGA TADI KALO KAMU GAK TELAT DATENGNYA!"

Yak, semprotan kedua.
Dan dampak hari minggu di PVJ adalah nyari parkirnya yang susaaaaah banget. Jam 12.30 baru dapet parkir. Di luar prediksi.
Akhirnya kita sepakat aja utk ngeganjel perut pake roti dulu, abis nonton baru makan. Dan..dan bodohnya, dia lupa kalo dia belum ngambil uang di ATM di saat kita udah ada di depan bread talk yang posisinya paling Barat dari mall sementara lokasi ATM adalah paling utara dari mall itu. Fiuuhh. Gak bisakah dia untuk gak bikin kesalahan sekaliiii aja?
Kesekian kalinya hari ini...

Dan kejadian kesekian kalinya hari itu yang bikin kekesalan saya memuncak adalah kejadian pasca nonton di BandungElectronicCenter. Kekesalan yang diakibatkan pembicaraan yang sangat tidak penting tapi sangat menyinggung perasaaan saya. Yang kemudian bikin saya diem lamaaaaaaa banget. Kalo saya diem artinya saya kesel banget. And he knew that I was that pissed!
Dan sepanjang perjalanan pulang pun saya ngediemin dia lamaaaaaaa. Haa...

Sampai kejadian di Lampu Merah Dago Simpang waktu saya ngeliat bibi penjual bunga.

Saya pun mengingat bahwa hari itu...
"ay hari ini tgl brp?"
"eh, tgl.."
"23 ya?"
"mm..22, besok 23"
"oh. Berarti kita hari ini setahun...4 bulan ya?"
Saya yang tadinya marah tiba-tiba senyum ke dia. Dia kaget. Trus ngeliat yang jualan bunga di Dago Simpang.
"Eh, iya ya...? Kamu mw dibeliin bunga?"
"ngga."


IYA, saya emang inget hari itu tanggal jadian kita justru pas ngeliat bibi penjual bunga itu. Saya inget, soalnya si pacar ini selalu ngasih bunga di hari jadian kita waktu awal-awal baru jadian. HAHAHA. --Seterusnya mah boro-boro... Inget juga syukur.
Dan saya jadi inget, seharian ini saya marah-marah melulu sama dia. And he did nothing but held my hand, said sorry, and asked me what I want. You knew, dear..I didnt actually know what I realy want.
Dan saya juga jadi inget kalo selama beberapa bln terakhir saya banyak banget 'jahat'nya sama dia. The hectic stuff and for sure, about the snuszhsnusszzhing and X things. And he did nothing but gave me that 'david cook song'.


Yesterday was great. I didnt need any flower to make it more special. It's already special, dear.
Thank you^.-



"Now you want to be free
So I'm letting you fly
Cause I know in my heart babe
Our love will never die

You'll always be a part of me
I'm a part of you indefinitely
Girl don't you know you can't escape me
Ooh darling cause you'll always be my baby"
always be my baby-David Cook

22.6.08

It's still me.

Tepat seminggu sejak saya ketemuan sama temen-temen SMA di Lampung dulu. Mendadak jadi reunian kecil-kecilan di Bandung. Kebetulan temen-temen gank SMA saya ini sebagian besarnya adalah teman-teman SD saya yang sudah saya kenal dari kecil. Dan karena Lampung punya 'fenomena dunia sempit' dimana hampir setiap orang punya jalinan persaudaraan dari kerabat A atau B dsb, jadi pembahasan kami ya seputar-seputar itu-itu saja.
Tapi meski ada realita dunia sempit itu ntah kenapa saya nggak pernah sekalipun merasa bosen dengan pembahasan mengenai hal-hal tersebut dan menertawakan hal yang sama berulang kali.
Kebodohan, kesengajaan berintrik coba-coba, ke-sinetronan yang kalo dipikir-pikir kok ya TOLOL bangettt loh. HAHAHA.

Ya mereka itulah. Yang sebener-benernya pernah ngasih 'warna' dalam dunia putih-abu saya. Yang tau banget gimana upik abu ini bermetamorfosa. Yang bikin saya cukup sering punya masalah tapi justru membuat saya untuk belajar lebih dewasa dengan berusaha menyelesaikan masalah itu sendiri.
Mereka.

Anyway, hari itu bener-bener jadi hari yang menarik banget buat saya.
Setelah sebelumnya selama 11 hari terisolasi di hutan untuk urusan kemah kerja, seharian sama mereka bener-bener jadi penyeimbang buat saya.

And there was also a moment I couldnt put away. Pembahasan tentang perubahan.
Dimulai dari cetusan salah satu teman,"duh sye kok lu mulai gak konsisten sih, sekarang jadi pake aku-kamu. Ter-influence dari orang baru mana lagi nih? Did we miss somethin, or anythin?"

no, nope, and noone.
It's just because I'm getting used to use it, aku-kamu. Saya-kamu.
Kadang-kadang malah pake urang-maneh, aing-sia. HAHAHA.


Perubahan bisa terjadi secara beruntun. Cukup untuk bikin banyak orang di skitar bertanya-tanya kenapa dan bagaimana atau kok bisa ya.
Saya gak heran sama pendapat temen saya yang satu itu, saya tau ia merasa pernah sangat dekat dengan saya dan cukup mengenal saya, dan kenyataan bahwa saya telah berubah mungkin membuatnya merasa kehilangan sebuah sosok saya tiga tahun yang lalu. Hilangnya sheilla yang too innocent, too naive, dan menemukan seorang yang terlalu serius yang terperangkap dalam tubuh kecil si Sheilla sebagai gantinya. Ini sebuah hal kecil, yang kemudian mengawali percakapan panjang kami tentang begitu banyaknya perubahan dalam diri kami masing-masing. Dan membuat kami semua terdiam sejenak mengawang-awang berfikir mengenai perubahan-perubahan itu sendiri.


Whatever changing, fellas. I'm still your bestfriend. And so does you are. All of you.

19.5.08

learning moment.

Masih ada kaitannya sama postingan yang ada Shana-nya kemarin, ehm, jadi telah terpilih Presiden KM-ITB yang baru. It's Shana. Anak Teknik Industri 2004. Presiden KM-ITB wanita pertama sepanjang sejarah..
Pada masa pencoblosannya sendiri ketika itu saya lagi dirawat di Rumah Sakit karena DBD. Sedihnya gak bisa ikut menyemarakkan Pesta Demokrasi di ITB itu..
Dan sebenernya juga sebelumnya saya pnya harapan besar yang terpilih adalah Gilang yang merupakan kamerad-IMG. Cuma selisih 23 suara katanya?
Anyway.. Pasca terpilihnya Shana pasti ada pihak-pihak yang meng-under-estimate.
As what happen to me recently?
Hehe.

Iya, IMG juga baru selesai menyelenggarakan pesta demokrasinya.
Pencarian ketua IMG yang baru untuk menggantikan ketua IMG yang sebelumnya.
Dan berlandaskan atas materi OS saya waktu dulu, Golden Rules yang esensinya adalah setiap orang mampu jadi pemimpin, awalnya saya jadi punya keinginan untuk mencalonkan diri. nekat;P
Teman-teman beberapa bilang "IYA, bagus..bagus.." sambil muka mesem-mesem.
Ntahlah.
Mungkin ada secercah keraguan di hati mereka, berdoa dan berharap saya hanya bercanda...mungkin. Tapi beberapa lainnya justru ada yang jauh lebih yakin daripada saya sendiri bahwa saya punya kapabilitas untuk itu.
Namun pada kesempatan duduk bersama dan berdiskusi perihal niat mencalonkan dirinya saya menjadi ketua tersebut dengan kedua orangtua saya, saya justru dijejalkan dengan rentetan pertanyaan dan pertimbangan-pertimbangan lain yang menyangkut fase-fase lanjutan dalam hidup yang tengah saya jalani amupun yang nanti akan saya jalani.
Jelas sebuah ketidaksetujuan terbaca dari gestur dan baris-baris kalimat yang dipaparkan.
Pertimbangan mengenai banyak hal yang dikemukakan kemudian saya terima dengan lapang dada.
Ya, saya mengerti.
Dan akhirnya keputusan saya pun berekuivalansi dengan keputusan mereka.
Ya sudah.

JADI PROMOTOR
Sosialisasi tetap berjalan, poster tetap ditempel, spanduk suksesi pemilu sudah digantung, timeline sudah dibuat. Waktu terus berjalan. Deadline pembelian formulir..pengembalian formulir..
Dan di sela-sela kepadatan jadwal yang ditetapkan panitia, saya akhirnya justru sepakat untuk menjadi promotor dari seorang teman yang ingin mencalonkan.
"Siapapun bisa jadi pemimpin, kan...?"
Sebenernya waktu ditawari untuk jadi promotor, saya sendiri masih belum bisa mendefinisikan apa itu promotor dan kinerja seperti apa yang diharapkan oleh sang calon ketua dari seorang promotor seperti saya. Karena jika dikatakan bahwa promotor berasal dari kata promosi yang kurang lebih tugasnya adalah mempromosikan, saya bisa mengatakan itu adalah hal yang tidak mudah bagi saya. I'm not good at it at all.
Jadi, alasan awal saya memutuskan untuk mendukung si teman baik saya itu dengan mempromotorinya menjadi calon ketua IMG adalah, pertama, lebih karena saya sepakat untuk menjadi pendukung utamanya sebagai org yang cukup mengenal baik dirinya (saya masih inget banget orang ini menyatakan niat jadi ketua ke saya bahkan sebelum saya dan dia ngejalanin OS-IMG), dan kedua, karena saya berharap menjadi promotor akan memberikan pembelajaran yang baru bagi saya.
Setelah proses pemilu mulai berjalan. Agenda hearing (yang berhari-hari), musyawarah sampai akhirnya voting harus berlangsung, saya memang mendapatkan begitu banyak pembelajaran, beberapa gambaran simulasi masalah-masalah, pengalaman-pengalaman yang mengesankan, dan terutama sebuah kemantapan akan jejak yang sedang saya tapaki saat ini.
Dan, dari beberapa sample moment I found out, bahwa justru peran promotor yang paling penting bukanlah mempromosikan dengan cara persuasif seperti di iklan-iklan dengan teriakan-teriakan slogan seperti "AGUN-connecting people". "Orang pnter pilih AGUN" dan sebagainya dan sebagainya. HEHE.
IYA, saya dan ketiga promotor lainnya memang sudah pasti memiliki tanggungjawab untuk mendukung calon yang dipromotori.
Apapun alasan saya, di luar tanggung jawab saya sebagai promotor pun, saya sebagai teman baiknya mungkin akan mendukung calon ketua ini sampai akhir dengan harapan hasil maksimal.
Tapi tanpa saya rencanakan di awal, keputusan saya untuk mendukung calon tertentu ini ternyata memiliki pengaruh ke beberapa pihak..Ternyata, sosok saya dan beberapa teman promotor lainnya memiliki peran tersendiri dalam pertimbangan massa lainnya untuk memutuskan mendukung siapa.
Well oh well. I'm so flattered.


Pemilu berakhir.
Calon yang saya promotori sudah menjadi ketua IMG terpilih.
Tanggungjawab sebagai promotor mungkin berakhir, tapi tanggungjawab yang lain sebagai pengurus baru akan saya mulai lagi.



Buat Shana, sukses ya.
Buat M. Gunawan Raditya, teman angkatan, ex-teman sekosan, my bestfriend, dan (sekarang) 'pemimpin kami',
Terus bersemangat dan jangan pernah berhenti belajar.
YES WE CAN BE SOMEONE, SOMEDAY..

ps: sekarang cita-citanya jangan berenang sebatas riau aja ya, gun?


5.5.08

confusing things.

"Sepertinya saya kena hipnotis. I'm sick. Oh, It's awful."
"Kenapa, dik?"
"Ga seharusnya saya jadi ngerasa kayak gini. Saya ga terima"
"WHY?"
"Seluruh saraf motorik dan sensorik saya bekerja di luar kebiasaan jadinya"
"HOW COME?"
"DIA. Ini karena dia"
"and then?"
"duh, tolong dong. Saya kan ga seharusnya kayak gini"


Habit (or habits?). Ya, jadi punya kebiasaan baru: mengait-ngaitkan segala hal dengan mahkluk berinisial snuszhsnusszzh itu.
Merasa terjebak, dijebak dan terutama menjebak. HAHAHA. MAAF tapi ya.....

15.4.08

bloody twenty.

this is. awalnya.
agak-agak berfikir angker juga dengan kata 'duapuluh'. Yes, I do.
Karena dulu.. Dulu sekitar pertengahan usia belasan saya, ketika kira-kira saya masih berseragam putih biru, saya pernah merancang 10 tahun ke depan saya.
Dan di dalamnya saya mengagendakan kelulusan kuliah di umur 21, lalu menikah di range usia 23-24 tahun. Dan........dan rencana lain-lainnya. hihi.
Rasanya baru kemarin, tau-tau sekarang udah jadi 20.
Dan saya masih juga belum bisa berfikir lebih jauh lagi gimana merealisasikan yang saya rancang dulu. Jadi mikir, kok dulu ya enak-enak aja saya bisa matok pengen ini itu, sekarang pas ngejalaninnya lha ya kok berat sekali...
Feels like YES it is.


Then how's my birthday yesterday?
Menyesal, ah, menyesal ini itu, pengen ini itu. Hari itu tidak seperti yg saya harap-harapkan. Ntahlah...
Bagaimanapun masih mensyukuri juga, masih bisa mencapai usia 20.
"mature, sheiy..."
"hell yeah I'm trying!"








*semoga.........usia ini tidak berdarah-darah seperti tahun kemarin=)

11.4.08

ewwwwww!

Biar, biarin.
Ya..ya..Biar-biarin aja mau hasil UTS gimana juga.
Ya namanya hasil. Kan buah dari usaha kita, ya kalo hasilnya gak sesuai dengan harapan ya ga bisa nyesel juga.
Kalo saya sih emang dari detik-detik-pasca-ujian juga udah tau diri bakal gimana hasilnya. Lha wong persiapannya ngendur kok ya berharap tinggi-tinggi. Tapi permasalahannya kenapa gak belajar lebih giat dari awal? Hehehe. Kepedean atau terlalu males? Mungkin...yah mungkin. Mungkin ini mungkin itu. =)


"Sheiy, uts KDV* paling kecil loh kita?" *KDV = Kerangka Dasar Vertikal
#cengir kuda# "hehehe, trus mane?"


Ya udahlah yaaaa.


Eh iya jadi inget,
Bbrp hari yg lalu dapet kabar kalo Pemilu KM ITB kemaren yang menang pasangan Shana-Bagus.
Trus ada yang nyeletuk,
"Kok ga ada reramean ya pasca kepilihnya Shana?" (bersambung)

10.4.08

things about me, currently.

Sekarang lagi akrab banget sama obat-obatan.
Maklum. Masih dalam proses pemulihan pasca DBD.
Gak surprise lagi sih, udah banyak kerabat yang pernah kena, jadi udah cukup dpt info penanganannya.
Banyak minum. Minum teh angkak, minum pocari sweat, minum jus jambu, pokoknya banyak banyak minum deh!
Dan asupan berbagai antibodi-antibodi lainnya.
Apapunlah! Yang penting ga balik lagi ke rumahsakit.
Rumahsakit is a nice place. Maksudnya, kalo diibaratkan manusia, rumahsakit itu welcome banget. Tapi ya semua juga udah pada tau kan. Ga ada untungnya masuk rumahsakit. Jadi, minta ampun minta jauh...


Iseng banget baca horoskop,
"A confusing yet charming person will come into your life today and energize you!"

In Detail :
"A confusing yet charming person will come into your life today, and they will have lots of sweet talk for you. However, their flattery could cause you to ask questions instead of blush. This is a good sign -- it means they can offer you more than just an ego boost. So engage with them and find out who they really are and what they are about -- don't just stick with talking about the weather. The two of you have something rare in common."


Kalo mau ngait-ngaitin dengan yang sebelum-sebelumnya baru saya alamin,

"I don’t know what this is
But you got me good
Just like you knew you would
I don’t know what you do
But you do it well
I’m under your spell"
mercy-Duffy


mmh. Sebener-benernya sih saya gak mau ngaitin dengan ini itu yang ada bumbu 'kejahatan'.
Iya, jahat. Berbuat curang di atas sebuah hubungan, disengaja-atau tidak, kalo emang kita tau itu kecurangan trus dibiar-biarin ya tetep aja, namanya JAHAT.
Saya gak ngebiar-biarin sih, tapi tetep aja ada pemikiran-pemikiran yang bersanding tipis dengan kecurangan.Huh.
Semakin kenal dia, semakin nganggep kalo dia biasa aja.
Tapi gak
tau ah, bisa aja ini cuma rekaan perasaan saya aja.
Aduuh tapi
kamu kok..lucunya... HAHAHA.
STOP IT, hey sheiy! Get real please please pleaseeee...



Anyway, apakabar SEMUA? SEHAT-SEHAT ya mudah-mudahan. Amien.

20.3.08

she is awesome!

Fashion is about identity.
Kalo saya sih lebih milih pake apa yang bikin saya ngerasa comfort dan at least jangan sampe keliatan ga enak diliat.
Dan..dan..daaaannnn....
Gak sengaja 'nemu' someone who is soooo inspiring about this stuff.
Bbrp org prnh bilang kalo org cantik sih pake baju gimana jg ya bakalan tetep cantik dan akan berdampak pada apa yg dipakenya jadi ikutan keliatan bagus.
But hell o that statement!
This girl is not as beautiful as mischa barton, BUT SHE DOES LOOK AS AWESOME AS MISS BARTON, or even MORE?
Eww.
Anw, Check her out!

10.2.08

let it be.


substance55 on deviantart





Selama ini saya selalu berusaha berjalan lurus saat menjalani hubungan orang-orang yang sedang dekat ataupun pernah dekat dengan saya (baca: pacar dan mantan pacar).
Selama ini saya hanya belajar otodidak dari ibu yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk ayah. Saya belajar untuk mengerti kondisi dan bertahan di segala situasi.
Dan yang selama ini saya pribadi usahakan adalah menghargai sang partner dengan tidak melakukan hal-hal yang ia tidak sukai (dengan harapan hal-hal yang tidak saya sukai juga akan ia usahakan hindari dengan sepenuh hati).

Tapi seringkali apa yang saya inginkan berjalan di luar rencana.
Bahkan dengan sekedar mengerti dan bertahan di macam-macam jenis situasi pun mungkin tidak cukup untuk mempertahankan apa yang kita namakan sebuah hubungan.


Dan dalam situasi seperti yang sekarang sedang saya hadapi,
Saya lagi usaha banget untuk tetep berada di jalur lurus tadi.
Lagi usaha banget untuk gak ngelirik rumput-rumput tetangga yang sekarang lagi terlihat lebih hijau.
Lagi usaha banget untuk kembali menyetir keputusan-keputusan saya yang belakangan lebih didominasi dengan mood jelek saya=(
Lagi usaha banget untuk tetap bertahan di frame yang sama milik kita.
yang mungkin sekarang lagi butuh di-refresh?


3.2.08

hard to believe it's you.


























Blacks and Whites on Deviantart




perkara sebuah pepatah:

Keep your friends close, but keep your enemies closer
udah bikin saya jadi agak-agak gamang.

Karena dalam kasus kali ini,
Saya baru aja berasa kena geplak pake sepatu ceko pas kemarin tau tentang sesuatu.
Ternyata...
Semua orang bisa jadi JAHAT banget. Semua orang.
Bahkan orang yang kita gak sangka-sangka karena terlihat polos banget, jujur banget, bisa dipercaya banget, dan bahkan udah kita sayang banget...
Bisa jadi orang paling jahat dan paling tega ntah kenapa=(






I should be more aware. Mana kawan, mana lawan. Mana kawan beneran, dan mana kawan yang menusuk pelan-pelan. Mana kawan yang sungguh-sungguh, dan mana kawan yang palsu.



Dan untuk kamu yang ternyata palsu...
I probably just... Can't trust you anymore. It's just hard to...for now.

29.1.08

nama saya bukan itu, mas...

Tadi pagi menjelang siang, saya beli nasi padang di simpang dago.
Lalu ada yang meneriakkan nama-panggilan-rumah saya,
"AYU!!!"
"Eh?" saya respons aja langsung mencari arah panggilan.
"Oh, bukan teteh... Si ituu.." jawab si mas-mas yang lagi ngebungkus2in sesuatu itu sambil nunjuk mbak-mbak di luar rumah makan.
Saya cuma angguk-angguk ngerti. Udah biasa salah panggil mah...
"namanya ayu juga, teh?" si mas-masnya nanya. Basa-basi maybe..
"iyah"
"ayu apa?"
"Ha?"
"kepanjangannya..."
"oh..Sela ayu."
"sela ayu? Masih sodaraan sama sola ayu?" si mas-masnya nanya lagi sambil cengengesan.
Mas-mas yang lagi ntn tipi di meja kasir malah ngakak gajelas. Dan mas-mas yang lagi nyusun ayam di display makanan ikut-ikutan cengengesan.
"ha? siapa?"
"s o l a a y u" si mas-mas memperjelas.



OH ok, saya gak tau itu siapa. Dari situ, nyampe kosan saya langsung browsing and found out bahwa sola ayu yang sebenernya pergeseran pelafalan dari SOLA AOI a.k.a SORA AOI adalah bintang film bokep ternama dari jepang.
Waks!

pepes tahu.

Di tengah krisis kedelai yang sangat ironis begini saya akan mencoba menuliskan resep masakan pepes tahu. hihi..



Jadi ceritanya, kemaren (tgl 20an) saya sempet pulang ke Lampung semingguan. Biasanya, pulang ke Lampung berarti maeeeeeen sepanjang waktu dan menjadi sangat tidak produktif dengan mlakukan hal-hal yang gak guna sama sekali : Tidur, bangun tidur, makan, nonton tivi, makan lagi, truz tidur lagi, dan seterusnya).
Tapi kepulangan yang kemarin ini lain dari biasanya.


Selain bernostalgia dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke tempat-tempat yang dulu biasa jadi tempat tongkrongan, saya juga menyempatkan diri untuk memasak!
Yaaak sodara-sodara... Seorang sheilla, anak kosan yang belakangan jadi ketergantungan dengan mie instan ini mencoba untuk memasak!
HAHAHAH.
Dan hasilnya.....Lumayan (kalo kata si mbak). Dan ENAK BANGET kalo kata adek saya:)
Saya nyobain masak pepes tahu dan ayam suir cabe ijo.
Dan pudding rasa stroberi sebagai dessertnya.
Dan berikut saya tuliskan resep pepes tahunya aja karena ayam suir dan pudingnya ribeeet bikinnya. fufufu.



RESEP PEPES TAHU.

Bahan: 5 potong tahu putih (ukuran kecil), 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1/4 potong bawang bombay, 3 buah cabe merah besar, 1 sendok makan garam, 2 sendok makan gula, 1 butir telur, daun pisang (secukupnya).


  • Iris tipis-tipis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, kemudian potong kecil-kecil cabe merahnya.
  • Lumatkan tahu-tahu ke dalam baskom ukuran sedang.
  • Campurkan irisan-irisan bawang dan potongan-potongan cabe ke dalam lumatan tahu.
  • Campurkan pula garam, gula, dan telur ke dalam lumatan tahu tersebut. Lumat bersama-sama sampai rata.
  • Lalu, letakkan adonan secukupnya (kurang lebih seukuran 3 sendok makan penuh) di daun pisang yang telah dipanaskan* sebelumnya. Bungkus adonan tersebut. Sementara membungkus adonan dengan daun pisang, panaskan air dengan dandang nasi untuk mengukus pepesan. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan yang terdapat di dalam baskom, setelah semua adonan terbungkus daun, masukkan pepesan-pepesan tersebut ke dalam dandang kukusan yang telah disiapkan tadi. Kukus selama 10 menit, angkat dan tiriskan.
Simple banget kan!



*tips memanaskan daun pisang: Bisa dijemur di bawah panas matahari atau bisa juga dengan cara dibakar cepat di atas kompor gas (saya pakai cara ini!) sampai terjadi perubahan warna (dari ijo muda ke ijo agak tua). Daun pisang perlu dipanasin agar dalam proses pembungkusan daun pisangnya nggak patah-patah (alias lemes).


Dan maaf banget, semuanya gak bisa ditampilin fotonya mengingat kamera HP saya yang cupu dan saya juga lupa bawa camdig:(

21.1.08

sakit aneh.

Udah 6 harian saya merasakan sakit yang aneh banget. Susah pipis. Kalo pipis dikit-dikit truz pas terakhirnya sakit.

2 hari pertama saya cuma berasa pengen pipis terus, tapi sakit kalo dipipisin (anyeng-anyengan kalo kata ibu saya), dan urine yang dihasilkan gak berbau pesing tapi cenderung berbau disinfektan kayak cairan pembersih atau antibiotik gitu..

Malam hari menjelang hari ketiga, gejala di atas masih terulang ditambah dengan perubahan warna urine yang jadi keruh banget, coklat gelap kayak bleeding or something (OoMyGod kencing sayah berdaraaaahh..). Dan sakit di akhir pipisnya itu semakin ngeganggu banget, saya sampe ngegigit baju saking sakitnya.

Paginya saya SMS ibu ngeluh sakit. Langsung ditelpon. Diomelin (seperti biasa:standar emak-emak) dan disuruh ke dokter siang itu juga. Tapi check ke dokter terpaksa tertunda karena masih ada urusan OS IMG, maka malem itu juga beres dengan urusan OS IMG saya langsung ke rumah sakit deket kampus yang letaknya di jalan dago itu dianter si mas. Jam 19.30 saya kesana, ternyata dokternya baruu aja beres praktek setengah jam sebelumnya, jam 19.00, telat setengah jam. Dokter bagian itu praktek lagi besok, jam 11.30 sampe jam 13.00. Cuma satu setengah jam. Jadilah saya harus menahan sakit aneh ini lebih lama lagi sedikit. Besok gak boleh telat lagi. Mampus aja kalo telat.

Setelah kena omel yang lebih panjang lagi dari Ibu karena nunda-nunda check ke dokternya sampe kejadian telat yang semalem, dan kemudian juga diwanti ini itu (misal: "nak, pake rok ya ke dokternya, biar gampang ntar kalo 'itu'nya mau diperiksa". Ooouuuoooh ibukuu!!!), berangkatlah kemudian saya ke rumah sakit yang sama itu lagi. Ngantri di bagian pendaftaran, ngurusan pendaftaran untuk ke dokternya, dapet antrian nomor 5. Ruangan prakteknya no 27, ruangan ini berada di hall yang beda dengan hall perawatan rawat jalan lainnya, tempatnya paling ujuuuuuung banget, deket tangga evakuasi jalan Dago. Dan untuk mencapai ruangan no 27 ini saya harus melewati ruangan-ruangan dengan jenis penyakit yang aneh-aneh sampe akhirnya saya tiba di pintu terakhir dengan papan nama dokternya, Dokter Ferry Safriadi, spesialis Urology. Ruangannya sebelahan dengan praktek dokter spesialis bedah tumor or something..

Di kursi panjang depan pintu praktek dokternya, udah ada 3 orang yang nunggu, Seorang Kakek tua berkursi roda yang ditemani seorang anak perempuannya, dan satu lagi seorang ibu-ibu batak dengan perkiraan umur sekitar 44-45 tahunan. Teuing..

Hmm..Ruang praktek dokternya kebuka lebar, seems like si Pak Dokter Yang Terhormat itu belum dateng. It was 12.30 already. Jam setengah 12 darimanaaaa oy oyyy..
Setaaaaaannnnnkk.. Gak mikir apa dia sayah dateng kesana buru-buru berharap bisa terlepas dari derita penyakit aneh itu secepatnya. Semalem aja saya telat setengah jam dia langsung caww, nah ini dia telat sejam gituuuuu.

Huh. Anyway, mungkin karena dampak nyeri di bagian perut bagian bawah yang semakin menjadi-jadi, saya gak complain banyak saat itu. Lebih memilih duduk dengan indahnya dan menyimak percakapan ibu batak yang tadi dan anaknya si kakek yang tadi. Karena jarak tempat duduk yang cenderung dekat, saya gak sengaja ngedenger keluhan-keluhan mereka. Si ibu batak, katanya udah seminggu ini kalo dia mau pipis badannya langsung panas dan berkeringat dingin secara tiba-tiba, trus pas pipisnya, daerah sekitar saluran kemihnya berasa kebakar. Wew. Kalo kakek yang berkursi roda itu cuma diem aja, tapi anak perempuannya curhat sama si ibu batak, katanya si papahnya baru beres operasi saluran kemih gitu...Kunjungannya kali itu cuma check rutin. Penyebab operasinya dia gak bilang, tapi keluhan awalnya ya mirip-mirip, alat kelaminnya berasa terbakar kalo lagi pipis. Fuuuuuhhhh.. Saya deg-degan.

Dan setelah menunggu dan menunggu, akhirnya pak dokter dateng juga. Mendapat giliran terakhir dari antrian, saya dipanggil juga ke dalem ruang praktek. Berdebar-debar. Takut divonis penyakit aneh-aneh.

Pas masuk saya disuruh duduk. Ditanyain keluhannya. Truz disuruh rebahan di tempat periksa. Saya yang memakai rok (sesuai instruksi ibu), harus rebahan di tempat periksa...Pemeriksaan macam apakah kah kah? (Hwaaa...Panik. Saya belum siap kalo dia mau periksa langsung 'tempat yang sakit'..Gak siap, gak siap, gak siaaap.. Sempat terngiang pesan ibu yang nyuruh saya pake rok dan ditemenin sama tante pas periksanya-terkait dengan isu-isu dokter cabul). Tapi ternyata dalam kondisi saya rebahan itu, dia cuma ngetok2 perut saya, truz ditanya lagi prosesi pipisnya gimana yang timbul rasa sakit banget, truz udah. Saya disuruh duduk lagi, dia nulis resep, udah. Singkat banget, cuma 10 menit. Pas mau udahan, karena dokternya gak inisiatif ngasih saran-masukan-dan informasi tentang penyakit yang saya derita itu, saya yang nanya-nanya sama dia (sialan banget kan kalo saya meninggalkan ruang praktek itu tanpa tau kronologis sakit saya apa).

Katanya penyakitnya belum pasti, tapi semacam infeksi di saluran kemih. Dikasih obat dulu, kalo obatnya udah abis sementara keluhan masih ada, saya harus dateng lagi untuk periksa urine. Penyebabnya, mungkin karena saya sering banget nahan pipis katanya (uhuhu, iyah, saya sering banget nahan pipis sampe suka lupa kalo pengen pipis). That's it. Arrghh penjelasan yang tidak begitu memuaskan tapi ya.



Kemudian dikarenakan ketidakpuasan penjelasan itu saya pun akhirnya browsing-browsing dan cari tau sendiri lewat internet.

I found that:

It's an infection.
Infeksi saluran kemih.


Gejala:

~ Sakit di perut bagian bawah, di atas tulang kemaluan

~ Pipis sakit terutama di akhir prosesnya

~ Anyang-anyangan atau pipis nggak tuntas dan berasa ingin pipis terus-terusan walaupun jika dicoba tidak ada urin yang keluar.

~ Sering berkemih

~ Terlihat sedikit darah pada urine yang baunya menyengat

~ Jika infeksi sudah berlanjut jauh, bisa demam


Penyebab:

~ Kurang menjaga kebersihan dan kesehatan daerah seputar saluran kemih.
Cara membersihkan yang salah, penggunaan toilet umum yang sembarangan, dan seringnya berkegiatan yang menyebabkan daerah seputar saluran kemih menjadi sangat lembab.

~ Kebiasaan menahan kemih.
Perempuan lebih rentan terinfeksi saluran kemih. Karena saluran uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) perempuan lebih pendek (sekitar 3-5 cm). Sehingga pada perempuan, jika menahan kencing, uretra jadi semakin pendek dan memungkinkan kuman masuk ke dalam saluran kencing. Sedangkan pada pria, meski dia menahan kencing, uretranya tetap panjang.
(Voila! Ngerti deh tentang wejangan ibu dulu pas masih kecil kenapa katanya anak gadis gak boleh nahan-nahan pipis..huhu)

~ Adanya batu di daerah saluran kemih.

Infeksi karena adanya batu ini merupakan sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya infeksi yang berulang-ulang (sering).


Dan dua penyebab lain yang cukup jadi wawasan untuk saat ini namun persiapan untuk
suatu saat nanti:


~ Tidak berkemih sebelum melakukan hubungan seks.
Hal ini menyebabkan uretra penuh. Jika uretranya pendek (seperti pada wanita), gesekan saat berhubungan seks bisa menyebabkan kuman-kuman gampang terdorong masuk ke saluran kencing dan mengakibatkan infeksi.

~ Penyakit kelamin.
Berhubungan seksual dengan orang yang punya penyakit kelamin seperti penyakit kencing nanah akan menyebabkan infeksi pada uretra dan menghasilkan nanah. Kadang-kadang pada perempuan tidak terlihat gejalanya. Pada pria, 3-4 hari setelah terkena penyakit kelamin, gejalanya bisa terasa dan terlihat, seperti sakit dan mengeluarkan nanah. Karena itu, pria yang terkena penyakit kelamin bisa cepat berobat.


Pengobatan:

Untuk pengobatan, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk memutuskan rantai metabolisme bakterinya.
Dan dianjurkan untuk minum lebih banyak (minimal 8 gelas sehari) untuk membantu mendorong keluarnya bakteri melalui air seni, dan tidak menahan-nahan untuk buang air kecil (berkemih).




Nah itu di atas tadi kurang-lebih penjabaran yang saya peroleh. Saya merasa penjelasan untuk penyebab infeksi di saluran kemih saya yang tadi cukup logis. Gak lagi-lagi deh nahan-nahan pipis. Dan saya juga bakalan lebih aware dan hati-hati juga kalo make toilet umum.

Dan..Dan.. Tips juga nih buat para cewek, kalo merasakan keluhan yang sama dan berniat berkunjung ke dokter (bagian urology ini), gak perlu kok pake rok pas mau periksa. Secara, saluran kemih kita terpisah dan gak sepaket sama ‘saluran yang lain’ (lain halnya dengan cowok), jadi kalo ada apa-apa ya pemeriksaan lebih lanjutnya pasti lewat urine atau dengan rontgen.. OK!

Mudah-mudahan postingan kali ini bisa berguna buat para pembaca yang lain juga yaa...

Tetap semangat, tetap sehat!