15.9.08

A lesson to learn.

INI, adalah alamat blog seorang dosen di jurusan saya.
Dan cerita ini adalah cerita tentang kejadian nyata di kelas yang dia ajar dan tengah saya ambil.


Saya tidak akan berusaha memberikan pembelaan sebagai salah satu pengisi ruang tunggu toilet yang dimaksud, juga sebagai pelaku pengguna toilet yang dimaksud (soalnya saya juga sempet izin keluar kelas hari itu!).
Hehehe. Tapi saya ingin memberikan deskripsinya dari sudut pandang saya.


Kuliah Geografi Lingkungan ini adalah salah satu mata kuliah wajib yang baru ditetapkan pada kurikulum baru 2008 ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, mata kuliah bernama Geografi Lingkungan tidak ada, tapi berekuivalensi atau bernilai sama dengan mata kuliah pilihan (bukan wajib) lainnya yaitu Geografi II. Nah, karena dulu mata kuliah Geografi II diketahui sebagai mata kuliah pilihan (yang banyak tugasnya), maka saya (dan beberapa teman lainnya) tidak berinisiatif untuk mengambil kuliah tersebut. Namun sejak diberlakukannya kurikulum baru yang menyatakan bahwa kuliah tersebut menjadi kuliah wajib di tingkat 3, maka saya dan teman-teman yang belum mengambil kuliah Geografi II pun jadi harus mengambil mata kuliah ber SKS 3 tersebut di tingkat 4 ini. Huhuhu.
Jadilah, saya sebagai angkatan 2005 dan teman-teman angkatan di atas saya (2004) yang belum mengambil Geografi II sebagai ekuivalensi kuliah ini pun jadi mengambilnya berbarengan dengan teman-teman 2006. Bayangkan, kelas ini akan berisi 3 angkatan dengan dua angkatan tertua yang tengah terjebak sistem kurikulum baru.


Pertemuan-pertemuan awal memang sudah terbaca gelagat tidak sehat dalam kelas. Mahasiswa yang datang ke dalam kelas melebihi jumlah kursi yang tersedia. Akibatnya terdapat beberapa teman-teman mahasiswa yang duduk mengemper di bagian paling belakang kelas tanpa bisa menyimak penjelasan dosen yang berada di sisi depan kelas. Teman-teman yang berada di sisi belakang kelas pun jadi ribut sendiri tanpa memperdulikan penjelasan dosen dan sebagian malah tidur-tiduran.


Minggu selanjutnya, terkait dengan bentrok dengan jam perkuliahan lain dari mayoritas mahasiswa kelas Geografi Lingkungan ini, maka kuliah ini yang seharusnya berlangsung 3 jam dalam kelas dengan 1 jam di hari Selasa sementara 2 jam lainnya di hari Kamis, dirapel dengan kesepakatan bersama menjadi 2,5 jam di hari Kamis.

Dan ruang kuliah pun dipindah ke tempat yang lebih besar kapasitas menampungnya.

Baiknya, semua memang jadi mendapatkan tempat duduk. Buruknya, posisi ruangan kelas -dimana dosen berada di sisi depan kelas sedangkan pintu keluar di sisi belakang kelas- tentu sangat memudahkan (dan menggiurkan) bagi mahasiswa untuk keluar kelas dengan ataupun tanpa izin Dosen.
Perkuliahan hari itu pun chaos. Terjadi kluster-kluster dalam kelas. Ga kondusif. Yang paling parah emang ya pintu keluar di belakang kelas yang bolak-balik dibuka-tutup dan menyebabkan bunyi berderit tiap kali ada yang keluar dan masuk kelas. Annoying!


Di akhir perkuliahan, Pak Dosen mengatakan bahwa perkuliahan hari itu adalah perkuliahan terburuk yang pernah beliau isi.


Dan saya pun tidak menyangkal bahwa perkuliahan hari itu memang buruk.



Geografi Lingkungan adalah salah satu cabang dari ilmu Geografi. Kuliah ini menjelaskan aspek hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya.
Setelah masa perkuliahan yg sudah berjalan sekitar 1 bulan dengan beberapa presentasi yang telah dihadirkan, setiap tema yang diusung selalu menghadirkan dampak-dampak negatifnya. Misal, atmosfir dengan efek greenhouse-nya, coastal area dengan dampak keracunan-erosi-dsb.
It was caused by human, and affected the human's life itself.

Dan saya berharap semoga hubungan timbal balik yang telah ada antara manusia satu dan yang lainnya dalam kelas Geografi Lingkungan ini, yang mungkin telah tercoreng oleh kesalahan dari salah satu pihaknya, tidak akan berdampak buruk bagi salah satu maupun keduanya.
Amien.
Piss, ah!

2 comments:

adiyadisini said...

setuju gw sheiy. emang beneran ga kondusif banget siii.. abis mau diapain lagi yak?! bayangiin.. 3 angkatan! mantapp bener dahh

05046 said...

jis,,awa jg keluar kelas uy wktu itu..trus gak masuk2 lg..hehehe..