29.1.08

pepes tahu.

Di tengah krisis kedelai yang sangat ironis begini saya akan mencoba menuliskan resep masakan pepes tahu. hihi..



Jadi ceritanya, kemaren (tgl 20an) saya sempet pulang ke Lampung semingguan. Biasanya, pulang ke Lampung berarti maeeeeeen sepanjang waktu dan menjadi sangat tidak produktif dengan mlakukan hal-hal yang gak guna sama sekali : Tidur, bangun tidur, makan, nonton tivi, makan lagi, truz tidur lagi, dan seterusnya).
Tapi kepulangan yang kemarin ini lain dari biasanya.


Selain bernostalgia dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke tempat-tempat yang dulu biasa jadi tempat tongkrongan, saya juga menyempatkan diri untuk memasak!
Yaaak sodara-sodara... Seorang sheilla, anak kosan yang belakangan jadi ketergantungan dengan mie instan ini mencoba untuk memasak!
HAHAHAH.
Dan hasilnya.....Lumayan (kalo kata si mbak). Dan ENAK BANGET kalo kata adek saya:)
Saya nyobain masak pepes tahu dan ayam suir cabe ijo.
Dan pudding rasa stroberi sebagai dessertnya.
Dan berikut saya tuliskan resep pepes tahunya aja karena ayam suir dan pudingnya ribeeet bikinnya. fufufu.



RESEP PEPES TAHU.

Bahan: 5 potong tahu putih (ukuran kecil), 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1/4 potong bawang bombay, 3 buah cabe merah besar, 1 sendok makan garam, 2 sendok makan gula, 1 butir telur, daun pisang (secukupnya).


  • Iris tipis-tipis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, kemudian potong kecil-kecil cabe merahnya.
  • Lumatkan tahu-tahu ke dalam baskom ukuran sedang.
  • Campurkan irisan-irisan bawang dan potongan-potongan cabe ke dalam lumatan tahu.
  • Campurkan pula garam, gula, dan telur ke dalam lumatan tahu tersebut. Lumat bersama-sama sampai rata.
  • Lalu, letakkan adonan secukupnya (kurang lebih seukuran 3 sendok makan penuh) di daun pisang yang telah dipanaskan* sebelumnya. Bungkus adonan tersebut. Sementara membungkus adonan dengan daun pisang, panaskan air dengan dandang nasi untuk mengukus pepesan. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan yang terdapat di dalam baskom, setelah semua adonan terbungkus daun, masukkan pepesan-pepesan tersebut ke dalam dandang kukusan yang telah disiapkan tadi. Kukus selama 10 menit, angkat dan tiriskan.
Simple banget kan!



*tips memanaskan daun pisang: Bisa dijemur di bawah panas matahari atau bisa juga dengan cara dibakar cepat di atas kompor gas (saya pakai cara ini!) sampai terjadi perubahan warna (dari ijo muda ke ijo agak tua). Daun pisang perlu dipanasin agar dalam proses pembungkusan daun pisangnya nggak patah-patah (alias lemes).


Dan maaf banget, semuanya gak bisa ditampilin fotonya mengingat kamera HP saya yang cupu dan saya juga lupa bawa camdig:(

0 comments: